Rabu, 16 Maret 2016

Ikal dan Arai

"Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi itu".
Itulah kutipan dari buku Sang Pemimpi yang selalu aku percayai sampai sekarang. Kepercayaan tentang mimpi.

Dulu sebelum aku membaca buku Tetralogi Laskar Pelangi karya Bang Andrea Hirata. Aku tidak tahu apa makna mimpi. Yang kutahu mimpi ya mimpi. Mimpi yang ada ketika kita tidur. Namun setelah aku membaca buku pertama dari Tetralogi ini, Laskar Pelangi.

Aku baru menyadari bahwa mimpi adalah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Tanpa mimpi. Mungkin dunia yang kita huni ini tak akan pernah punya pesawat. Lampu bahkan smartphone yang kita pegang sekarang ini.

Ya. Semua itu berawal dari sebuah mimpi manusia. Manusia yang berpikir bahwa sesuatu bisa kita dapatkan ketika kita meyakinkan diri bahwa kita bisa mendapatkannya.

Allah sudah sangat adil dengan diri kita. Telah diciptakan kita dengan bentuk sedemikian sempurna dan ditambahkan dengan akal dan pikiran yang dititipkan kepada kita agar kita menggunakan untuk kebaikan. Menggunakannya untuk membuat sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain.

Sang Pemimpi buku kedua dari tetralogi ini semakin menguatkanku tentang kekuatan mimpi. perjuangan tokoh arai dan ikal di dalam buku ini dalam memperjuangkan mimpi-mimpinya. Membuatku terbawa akan ceritanya. Sehingga aku selalu membayangkan berada di dalam cerita itu. Buku ini jugalah yang membuatku bisa merantau.

Merantau menyebrangi Pulau Sumatera ke Pulau Jawa. Kenapa aku bisa memikirkan hal ini. Sebab kota perantauan pertamaku adalah kota bogor. Ya meskipun jalan ceritanya tidak terlalu sama dengan Ikal dan Arai. Tapi bagiku kesamaan kota perantauanku dengan mereka semakin menguatkanku bahwa aku juga bisa mendapatkan mimpi yang kupercayai.

Dan beberapa mimpiku juga terinspirasi dari mereka yaitu menjadi penulis dan juga mimpi berkelana hingga ke luar negeri. Dan insya Allah sampai kapanpun mimpi ini akan ku yakini sampai Allah memeluk mimpi-mimpiku.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com